Thursday, February 24, 2011

Lawang Sewu


Berkunjung ke kota semarang tidak lah lengkap tanpa mendatangi tempat ini.
Sejujurnya ini adalah spot pertama yang saya singgahi saat pertama kali datang ke kota semarang.

Gedung yang berada di seberang TUGU MUDA kota semarang ini dikenal dengan gedung lawang sewu

Lawang Sewu yang artinya Pintu Seribu dikarenakan memiliki jumlah Jendela yang besar menyerupai pintu yang banyak.
Gedung ini didirikan tahun 1903 oleh arsitek belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J queendag. Dimasa pendudukan belanda gedung ini dijadikan gedung kantor NIS Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij .

Dimasa kemerdekaan digunakan sebagai kantor kereta api. Jika kita masuk dari pintu gerbang sebelah kiri kita bisa melihat lokomotif dipajang di depan gedung ini.
Saat saya mengunjungi tempat ini sedang ada renovasi dari gedung, jadi saya hanya bisa melihat-lihat dari luar saja.

Untuk tiket masuk per orang 10.000 dan sewa guide 30.000, wisata ke lawang sewu juga bisa dilakukan malam hari. Bagi yang menyukai dunia mistik dan uji nyali mungkin bisa mencoba wisata malam di lawang sewu. Jangan heran kalau peminat wisata malam di lawang sewu cukuplah banyak.

Bisa dibilang bahwa semarang di sekitar TUGU MUDA lebih hidup di malam hari banyak pemuda-pemudi yang berseliweran di budaran tugu muda. Jika anda berkunjung ke semarang jangan lupa untuk ke lawang sewu.

oh iya dari semua spot yang saya datangi hampir semua tidak memberikan teks mengenai sejarah asal-usul gedung, mitos yang berkembang jadi harus bertanya ke warga sekitar khususnya para orang tua yang masih mengingat cerita dan sejarah tempat itu.

Mungkin ini bisa jadi saran untuk pemda semarang bahwa perlu untuk mendokumentasikan sejarah dari suatu objek wisata di kota semarang.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya sendiri.

that's all for today... keep rock n roll

No comments: